Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Advertisement
Buah kurma adalah buah yang dikenal manis dan banyak dijumpai di negara muslim seperti timur tengah malaysia, brunei darussalam dan indonesia, buah ini tumbuh dan berasal dari bantaran sungai Nil, Menurut jenis tumbuhan ini adalah jenis Palma, memiliki nama latin Phoenix dectylifera yang merupakan tanaman palma yang masih termasuk dalam genus ( arecaceae ). Buah yang sering dijumpai dan menjamur atau menyebar di pedagang maupun pusat oleh oleh dan supermarket adalah disaat menjelang lebaran atau saat orang muslim mulai menunaikan puasa. Sejak jaman dahulu orang islam selalu memakan kurma ketika akan berbuka puasa, agar puasa kita lebih sempurna, dan manfaat apakah yang terkandung dalam buah kurma ini, mari kita simak.


Kandungan Nutrisi Buah Kurma


Kandungan Nutrisi Buah Kurma


Ternyata dari bentuk kurma yang dibilang mirip biji pada buah, lebih banyak mengandung Nutrisi yang penting untuk tubuh, untuk lebih jelasnya mari kita simak tabel berikut dibawah ini :
Kandungan
Nutrisi Dalam Buah Kurma
Kandungan
gizi
Jumlah
Kalsium
52 mg
Protein
2,35 gms
Lemak
0.43 gms
Karbohidrat
75 g
Serat
2,40 g
Vitamin A
90 UI
Vitamin B1
93 mg
Vitamin B2
144 mg
Asam nikotinat
2,20 mg
Kalium
667 mg
Magnesium
1,20 mg
Zat besi
1,20 mg
Tembaga
2,40 mg
Biotin
4,40 mikrog
Zinc
1,20 mg
Asam folik
5,40 mikrog
Sulfur
14,70 mg
Asam askorbat
6,10 mg
Sodium
13 mg
Niasin
2 mg
Klorida
271 mg
Kobalt
1,90 mg
Glukosa
38,50 mg
Fruktosa
35,50 mg
Energy
323 kal

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh :


Tak salah Rassulullah dahulu menyarankan agar kita untuk lebih banyak dalam mengkonsumsi buah kurma, karena manfaatnya yang begitu luar biasa dari kandungan Nutrisinya, Apa saja manfaatnya mari kita simak dibawah ini.

1. Kesehatan Usus


Dengan asam nikotinat yang terkandung didalam kurma, kandungan Nutrisi yang bisa menyembuhkan berbagai macam gangguan pada usus. Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin, maka ini sangat membantu anda untuk menghambat pertumbuhan organismepatologis di usus anda.

2. Melancarkan Buang Air Kecil

Ternyata kandungan Nutrisi di dalam buah kurma bisa melancarkan buang air kecil, dan bisa juga menghindari dari penyakit kencing batu dan sakit prostat.

3. Mengatasi Sembelit

Kurma adalah buah yang mengandung serat yang tinggi, ini membuat proses pencernaan pada tubuh menjadi lancar. Cara memanfaatkan kurma sebagai obat sembelit adalah dengan merendam kurma tersebut semalam, setelah ke esokan paginya makanlah kurma hasil rendaman tersebut dan anda bisa juga meminum air hasil rendaman kurma, ingat air harus bersih dan matang ya, dengan begitu maka pencernaan ditubuh anda akan lancar kembali dan sembelit akan jauh menghilang.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan mineral dan protein pada kurma ini ampuh dalam mencegah osteoporosis atau kekeroposan dini pada tulang anda. Selain kandungan mineral dan protein, kandungan selenium, mangan, magnesium dan juga tembaga pada kurma juga dapat membantu merawat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Dengan demikian, kurma ini sangat cocok unuk dikonsumsi oleh orang yang sudah lanjut usia.

5. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi pada kurma begitu besar sehingga sangat dianjurkan untuk mengatasi anemia dengan sering mengkonsumsi buah kurma, dengan begitu maka anda akan terhindar dari masalah Anemia.

6. Baik untuk Saraf dan Otak

Kandungan kalium di dalam kurma merupakan suatu zat yang dapat membuat syaraf menjadi lebih cepat tanggap dan juga lebih responsif. Jika syaraf cepat tanggap dan lebih responsif maka otakpun akan sama dengan halnya syaraf. Dengan begitu, maka anda pun akan tetap fokus, cepat dan tanggap dalam mengatasi sebuah masalah.

7. Mencegah Stroke

Menurut penelitian, Buah kurma juga dapat mencegah stroke. Hal ini bisa terjadi lantasan kurma dapat menghilangkan sebagian kolesterol jahat yang dapat menyebabkan stroke pada tubuh anda. Untuk itu mengkonsumsi kurma sangatlah dianjurkan.


8. Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel yang mempunyai banyak kandungan Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, Ternyata buah yang manis dan enak seperti Kurma sangat kaya akan Vitamin A jadi untuk menjaga kesehatan Mata juga bisa mengkonsumsi dari buah Kurma . Perlu diketahui juga, bahwa vitamin A ini juga dapat memelihara kelembaban, kejelian dan juga menguatkan penglihatan mata anda.
Dan itulah yang saya jelaskan akan Manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh. Selain buahya dikenal manis, buah yang menjamur pada saat bulan puasa ini ternyata kaya akan Nutrisi dan zat zat yang penting untuk Tubuh kita.
 

0 Response to "Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar