Inilah Penyebab Batuk Berdarah dan Cara Mengobatinya

Advertisement
Batuk darah adalah jenis penyakit batuk yang cukup serius dimana hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada organ jantung dan paru paru, Hal itu membuat kinerja kedua organ tersebut menjadi terganggu dan tidak dapat berfungsi normal. Maka dari itu, kita harus mengetahui penyebab dan gejala-gejalanya dengan tepat, supaya kita bisa melakukan langkah pencegahan sejak dini sebelum semuanya terjadi.

Cara mengobati batuk berdarah

Pernahkah anda mengalami batuk kemudian mengeluarkan dahak yang bercampur dengan darah? Nah Mungkin saat itu anda beranggapan bahwa anda sedang terjangkit penyakit TBC. Tetapi tenang jangan panik dulu ya, Jika menurut artikel yang saya baca dari beberapa sumber menyatakan bahwa tidak semua batuk berdarah itu diakibatkan leh TBC lho. Diketagui dari Dr. Dwi Bambang salah seorang dokter spesialis paru RS telogorejo semarang  mengatakan bahwa batuk darah adalah merupakan salah satu tanda dari penyakit infeksius.

Gejala Batuk Darah


Pada batuk darah biasanya disertai dengan adanya gejala-gejala seperti berikut ini :
  • Batuk yang disertai darah dan lendir.
  • Muka terlihat pucat.
  • Demam atau suhu badan meningkat.
  • Sering berkeringat pada malam hari.
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Nafas terasa berat bahkan dengan terasa sesak.



Penyebab Batuk Darah


Ternyata ada banyak penyebab batuk berdarah diantaranya yaitu :
  1. Batuk darah bisa disebabkan oleh ekspektorasi darah akibat perdarahan yang terjadi pada saluran pernafasan di bawah laring atau pun perdarahan yang keluar melalui saluran nafas bawah laring.
  2. Penyebab lainnya dari batuk darah atau hemoptisis bisa juga karena adanya infeksi virus atau jamur. Dan bisa juga karena adanya kelainan pada paru paru kita, atau bekas penyakit TBC yang kambuh, dan kanker paru-paru, atau juga karena rusaknya saluran pernafasan karena batuk yang telah berlangsung lama sehingga pembuluh darah menjadi menjadi rapuh.
  3. Pada Batuk darah juga dapat disebabkan oleh adanya iritasi yang terjadi pada saluran pernafasan sehingga pada saat batuk akan mengeluarkan darah.
  4. Penyakit Kanker paru atau tumor paru-paru bisa juga menjadi penyebab dari batuk darah juga, Untuk itu saat anda mengalami batuk darah, Maka usahakan sebisa mungkin anda langsung memeriksanya ke dokter agar anda dapat mengetahui penyebabnya secara pasti.
  5. Bisa juga disebabkan oleh Stenosis mitral yaitu suatu  penyakit pada jantung, Yaitu dimana katup atau pintu yang menghubungkan ruang atrium (serambi) dan ventrikel (bilik) jantung bagian kiri mengalami penyempitan, Yang membuat tidak bisa membuka dengan sempurna.
  6. Pada Batuk darah juga sering diakibatkan oleh bronkitis akut /kronis.
  7. Penyakit Tuberkulosis atau penyakit TBC dan masih banyak lagi.

Cara Alternatif Mengobati Batuk Darah 


Untuk mengobati batuk darah secara tepat yaitu, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter agar anda tahu pasti apa penyebab dari batuk darah yang anda derita itu. Namun apabila anda belum mempunyai uang untuk pergi ke dokter, Maka anda bisa mencoba obat batuk darah sederhana yaitu dengan menggunakan tanaman kunir dan kencur. Lalu Bagaimana caranya? Mari kita simak penjelasan berikut ini :
  1. Pertama Bersihkan kunir dan kencur dengan air.
  2. Lalu kupas kunir dan kencur tersebut.
  3. Dan selanjutnya tumbuk kunir dan kencur tersebut hingga halus atau bisa juga di blender dan peras airnya.
  4. Kemudian Rebus air perasan tersebut hingga mendidih, bisa juga ditambahkan gula jawa untuk pemanis.
  5. Terakhir air perasan dingin anda bisa meminumnya secara rutin setiap pagi dan sore.
Sumber dari :

  • https://id.answers.yahoo.com
  • http://mediskus.com/
  • http://www.anneahira.com

0 Response to "Inilah Penyebab Batuk Berdarah dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar