14 Tips Sehat Agar Puasa Selalu Segar dan Bugar

Advertisement
Pada artikel saat ini adalah 14 Tips Sehat Agar Puasa Selalu Segar, Mungkin dengan tips ini diharapkan selama bulan suci Ramadhan, Kita yang menjalankan ibadah Puasa tidak terlalu merasakan lemas, terlihat lesu, dan mudah mengantuk sehingga produktivitas kerja sehari-hari tetap terjaga.
Tips Sehat Agar Puasa Selalu Segar

TIPS SEHAT SAAT PUASA

Berikut ini beberapa tips khusus saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh kita tetap sehat dan segar selama bulan Puasa, Mari kita simak Tipsnya:
Tips Saat Sahur:
  • Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau saat berbuka puasa. Walaupun menu sederhana atau seadanya, asal mengandung lima unsur gizi lengkap seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Dan pada saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan Mineral yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa.
  • Agar Anda mampu menahan rasa lapar saat berpuasa, Maka perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah-buahan. Pada Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
  • Upayakan untuk mencegah dehidrasi / kekurangan cairan dalam tubuh dengan banyak minum air putih pada malam harinya. Karena Hal ini penting dilakukan, sebab pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di luar ruangan atau ruang ber-AC.
  • Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein lebih, Maka sebaiknya Anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar dan bugar sepanjang hari.
  • Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan juga C. Tetapi kalau Anda sudah makan buah berwarna merah atau kuning, serta sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka anda tak perlu khawatir kekurangan vitamin seperti diatas.
  • Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah Mie, ketan, ikan, daging berlemak dan daging yang sudah diawetkan, sayuran berserat, sayuran mentah, minuman dengan kandungan soda, dan bumbu yang tajam (asam, cabai, cuka). Karena pada jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
  • Setelah makan sahur jangan langsung tidur. Karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

Tips Saat Berbuka:
  • Saat berbuka puasa sebaiknya anda jangan langsung minum air dingin atau es, Tetapi sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat-hangat. Karena pada perut yang kosong bisa menjadi kembung atau begah, Apbila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin atau es, Ini disebabkan karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.
  • Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang sudah dihidangkan dimeja. Ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan anda. Tapi Ingat, Anda jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan.
  • Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak “kaget” sesuai ajaran islam pun terburu buru itu tidak baik. Karena dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan yang masuk.Dan Untuk meringankan kerja pencernaan tubuh, Cobalah kunyah makanan dengan baik sampai halus.
  • Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal atau pas, Maka sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kadar kolesterolnya, Contohnya Margarin, lemak hewan, dan mentega. Dan Selain itu, Anda sebaiknya menghindari makanan yang manis-manis, Contohnya sirup, dodol, cokelat, es krim, serta kue tart. Karena Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur segar, buah-buahan, dan daging tanpa lemak, Pada pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.
  • Sedang bagi mereka memiliki badan kurus, Maka selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun pepaya, daun singkong).
  • Bagi mereka yang berusia lanjut atau jompo, Maka aturlah pola makan saat berbuka puasa juga secara bertahap. Coba untuk Makan dalam jumlah yang lebih sedikit, Tetapi dilakukan beberapa kali.
  • Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur ya. Karena Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

Jika ini dilakukan Insya Allah tubuh anda sehat dan segar selama menjalankan ibadah Puasa.Sekian 14 Tips Sehat Agar Puasa Selalu Segar dan Bugar, Jangan lupa bagikan artikel ini untuk saudara, teman atau keluarga anda agar bisa menjalani puasa lebih baik lagi.

0 Response to "14 Tips Sehat Agar Puasa Selalu Segar dan Bugar"

Posting Komentar