Cara Mencerahkan Wajah Karena Kusam dan Berminyak

Advertisement
Cara Membuat Wajah Cerah Kembali Karena Kusam dan Berminyak - Merupakan artikel yang membahas permasalahan pada kulit wajah yang bermasalah, dan khususnya membahas masalah kulit yang terlihat kusam dan berminyak. Dimulai dari definisi/pengertian kulit yang kusam, dan beberapa penyebab kulit yang kusam, serta juga tips atau cara mencerahkan wajah yang terlihat kusam secara cepat dan alami.

Cara Mencerahkan Wajah

CARA MENCERAHKAN WAJAH KUSAM

Anda Percaya atau tidak, Orang yang memiliki kulit wajah yang kusam dapat memperburuk dari segi penampilan. Dan akibatnya kita pun akan merasa minder atau tidak merasa percaya diri dalam bergaul atau tampil dihadapan banyak teman, keluarga atau orang lain. Jadi, hal apa sajakah yang dapat menjadi menyebabkan kulit menjadi kusam? 

Mengenal Penyebab kulit kusam

Pada dasarnya tubuh manusia sudah mempunyai mekanisme regenrasi pada kulit, Yaitu dengan kata lain tubuh kita mampu mengembalikan kulit kusam kita menjadi segar dan indah kembali secara alami, dan biasanya proses tersebut berlangsung selama 18 hari lamanya. Namun ini juga seiring bertambahnya usia anda, maka kemampuan sel-sel kulit kita pun akan semakin menurun. Dan sehingga lama kelamaan proses regenerasi pada kulit kita pun menjadi lebih lambat prosesnya. Dan akan muncul proses pengkriput diwajah anda. Tetapi selain hal tersebut masih ada lagi hal yang dapat menyebabkan kulit kusam diantaranya yaitu :


1. Faktor Genetik (Keturunan)

Yang dimaksud dengan faktor genetik yaitu faktor bawaan atau turunan dari kedua orang tuanya. Maksudnya yaitu, Apabila ayah atau ibu anda memiliki (maaf) kulit yang kusam atau berminyak juga, maka ada kemungkinan bahwa anda sebagai anaknya pun akan memiliki jenis kulit wajah yang sama karena faktor genetik itu


2. Pola Hidup

Pola hidup yang baik tentu akan berdampak positif terhadap kesehatan kita, dan begitupun sebaliknya, Jika pola hidup yang buruk atau tidak teratur maka akan berdampak buruk pula pada kesehatan tubuh kita. Contohnya, jarang melakukan berolahraga, mandi tidak rutin, dan tidur tidak teratur dsb.


3. Pola Makan 

Terlalu banyak memakan-makanan yang mengandung banyak lemak seperti contohnya, junk food (makanan yang kurang gizi), makanan gorengan, dan makanan yang mengandung banyak santan dan kurangnya mengkonsumsi asupan atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh


4. Faktor Lingkungan

Jika kita terbiasa berada ditempat-tempat yang kumuh dan tidak sehat maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu-debu yang ada di lingkungan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat karenanya, Sebabnya yaitu debu dapat menempel di kulit yang berminyak, Itu membuat pori-pori kulit kita akan tersumbat dan menyebabkan timbulnya jerawat.


5. Kurang tepat dalam memilih produk kosmetik

Nah, Pada kulit kusam juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat atau tidak cocok untuk kulit kita dan akibatnya kulit kita pun menjadi kusam.


6. Tidur tidak teratur

Terlalu sering tidur terlalu larut malam (begadang) atau karena mempunyai penyakit insomnia, berdampak akan menyebabkan kulit terlihat pucat dan kusam berminyak, Itu karena darah menjadi lebih berkurang, Untuk itu, Sebaiknya anda kurangi tidur terlalu malam.


7. Kurang mengkonsumsi air putih

Kurang mengkonsumsi air putih dapat menjadikan anda dehidrasi dan menebabkan kulit menjadi kusam dan berminyak.

Tips untuk mengatasi kulit wajah yang terlihat kusam dan berminyak 

Itulah beberapa contoh hal yang dapat menjadi penyebab kulit terlihat pucat dan berminyak. Lantas bagaimana cara mengatasinya secara tepat? Yaps, Tetap tenang jangan putus asa dulu karena sekarang anda sedang membaca  artikel yang sangat tepat, karena didalam artkel ini anda akan menemukan beberapa tips baru dan ampuh untuk mencerahkan wajah kusam dan berminyak secara alami dalam jangka waktu 1 minggu saja. Dan berikut tips baru untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak pada wajah anda :


1. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Seperti yang sudah kita ketahui juga, Dijelaskan bahwa air putih sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ tubuh kita termasuk dalam merawat kesehatan kulit tubuh.Karena Air dapat mencegah timbulnya dehidrasi dan menjaga kebersihan organ tubuh. Dan Jika Orang yang banyak mengkonsumsi air putih biasanya akan memiliki kulit wajah yang terlihat segar dan tampak sehat. Untuk itu, diusahakan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas / harinya.


2. Bersihkan tubuh secara teratur

Usahakan mandi secara teratur misalnya 3 kali dalam sehari. Bahkan Lebih bagus lagi jika lebih sering dari itu. Apabila anda adalah seorang muslim / islam, anda sudah tidak akan khawatir dengan masalah ini , Sebab dalam islam kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktu. Nah, Sebelum kita melaksanakan ibadah sholat, Maka kita diwajibkan untuk wudhu terlebih dahulu, Wudhu yaitu membersihkan diri sebelum beribadah sholat. Maka jika dalam 1 hari kita melaksanakan sholat 5 waktu banyaknya, maka itupun sama artinya dengan kita sudah membersihkan tubuh kita sebanyak 5 kali dalam sehari.


3. Pakai lotion pelembab

Pakailah lotion pelembab untuk membantu melembabkan kulit yang semula terlihat kusam dan kering. Tetapi ingat berhati-hatilah dalam memilih produk lotion pelembab. Maka akan lebih bagus jika ada meminta saran dari dokter terleih dahulu sebelum memakainya, Itu karena keadaan / jenis kulit setiap orang itu berbeda.


4. Kurangi terlalu malam / begadang

Karena kurang tidur atau sering begadang adalah salah satu penyebab kulit kering dan telihat kusam, Untuk itu hindarilah tidur terlalalu malam jika tidak ada hal yang memang dianggap penting. Manusia Normalnya  membutuhkan waktu tidur adalah 7-8 jam / hari.


5. Hindari Stress

Stress juga merupakan salah satu penyebab mengapa kulit anda kusam dan terlihat kering. Untuk itu hindari hal-hal yang dapat membuat anda menjadi stress. Contohnya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menghibur. Tips lain Jangan terlalu sibuk dalam bekerja, Dan luangkan juga waktu untuk refreshing serta menghirup udara segar.


6. Olahraga secara teratur

Luangkan waktu untuk berolahraga misalnya satu kali sehari, ataupun setiap 1 minggu 1 kali, Ini karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih sehat. Dan kita Tidak harus melakukan olahraga yang berat tapi cukup hanya dengan melakukan gerakan pemanasan setiap kali bangun tidur saja, Atau minimal hingga keluar keringat saja. Bisa juga melakukan jogging atau lari kecil setiap 1 minggu 1 kali.


7. Jaga Pola Makan

Jagalah pola makan anda agar hidup anda menjadi lebih sehat. Dan Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung gizi seperti terlalu banyak mengandung lemak dan santan. Serta konsumsi makanan yang tergolong kedalam 4 sehat 5 sempurna.


8. Pakailah lotion pelembab setiap sebelum anda tidur

Lho mengapa harus setiap sebelum tidur? entahlah saya juga kurang tahu Tips ini, Tapi Cara ini sudah saya coba dan terbukti ampuh dalam mengatasi kulit kering dan terlihat kusam. Maka Saya memakai produk lotion pelembab sarang wallet (bukan promosi). Produk ini banyak ditemukan di warung atau apotik di Indonesia.


9. Dengan menggunakan putih telur

Pakailah masker alami dari putih telur setiap sebelum anda akan tidur. Caranya cukup gampang, Yaitu kita hanya perlu memisahkan antara putih dan kuning telur. Dan Kemudian oleskan putih telur ke semua permukaan kulit wajah kita yang kusam dan terlihat kering. Lalu cuci kembali wajah kita setelah bangun keesokan hari nya. Dan Lakukan langkah ini secara teratur dan terus menerus dan rutin, Semoga kulit wajah anda akan terlihat lebih segar dan terasa halus.


10. Dengan menggunakan Es batu

Anda juga dapat menggunakan es batu untuk menghaluskan permukaan wajah. Yaitu dengan Cara yang sangat mudah, Caranya kita hanya perlu mengosok-gosokan es baru pada wajah kita.

*Penting : 
Lakukan semua tips-tips diatas secara rutin dan teratur sesuai yang sudah disarankan diatas, jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal. :)

Maka Itulah beberapa tips bagaimana Cara mencerahkan wajag kusam dan berminyak kurang dari 1 minggu secara ampuh. Apabila anda menyukai atau merasa artikel ini sangat bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk share informasi ini keteman-teman anda melalui "facebook", "twitter", ataupun "google plus", dengan cara klik tombol share dibawah ini ya. 

2 Responses to "Cara Mencerahkan Wajah Karena Kusam dan Berminyak"

  1. Wajah kusam membuat banyak wanita merasa kurang pede. Dam hal itu memang benar adanya..

    BalasHapus
  2. untuk cara mencerahkan wajah kusam karena genetik pake apa ya mas?

    BalasHapus