Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Advertisement
Sariwan dalam bahasa kedokteran adalah (stomatitis aftosa) merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan bentuk pada permukaan yang terlihat cekung . Sariawan bisa menjadi terasa menyakitkan dan sangatlah mengganggu aktivitas para penderitanya terutama pada saat mengunyah dan saat menelan makanan.  Jadi bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya ? Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengobati penyakit sariawan mari kita cari tahu dulu apa penyebabnya!


Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Langkah Pertama - Mengetahui Penyebab Sariawan

Sariawan ternyata bukan sesuatu yang terjadi begitu saja secara kebetulan, pastinya ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya misalnya :

  1. Sariawan timbul bisa karena kekurangan zat nutrisi seperti Vitamin B 12, Vitamin C bisa menyebabkan sariawan dan zat besi.
  2. Secara umum sariawan juga dapat terjadi karena mulut yang tergigit bisa saja pada saat anda makan ataupun pada saat anda sedang ngobrol. Ataupun karena anda makan sambil ngobrol
  3. Sering mengkonsumsi makanan yang masih panas / pedas misalnya makan keripik yang pedas, sayuran yang pedas, gorengan, sambal dsb.
  4. Hal lain penyebab sariawan adalah penggunaan suatu produk kesehatan yang tidak cocok dengan kita, misalnya menggunakan pasta gigi yang tidak cocok atau mengkonsumsi suatu obat-obatan yang memang tidak cocok dengan mulut kita.
  5. Sariawan juga dapat disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga, misalnya tidak rutin dalam gosok gigi ,jarang minum air putih dsb. Apalagi jika selalu lupa membersihkan mulut dari bekas makanan ketika anda hendak akan tidur.
  6. Atau hal lain bisa jadi, penyebab dari sariawan anda adalah karena keadaan suhu disekitar anda atau ditempat anda tinggal sekarang.
Untuk mengetahui lebih detail tentang apa yang menjadi penyebab sariawan yang anda sedang rasakan pada saat ini, anda bisa juga mengingat kembali pada hal apa saja yang anda lakukan seminggu yang lalu / pada waktu hari-hari sebelumnya. Dan Setelah penyebabnya sudah ditemukan, Saatnya kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Langkah kedua - Stop melakukan suatu hal-hal yang bisa menjadi penyebab sariawan

Seperti yang telah kita bahas diatas tadi, beberapa hal yang dapat menyebabkan sariawan terjadi misalnya saja jika penyebab sariawan anda adalah karena terlalu banyak makan makanan pedas, maka mulailah berhenti makan makanan tersebut. Jika memang sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C, maka dari itu cukupilah asupan vitamin C anda yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan dsb. Adapun Jika penyebab sariawan adalah karena faktor kebersihan mulut yang kurang baik, maka mulailah rajin untuk membersihkan mulut.

Langkah ketiga - Yaitu Menghilangkan sakit dan Pengobatan Sariawan 

Ada beberapa langkah yang dapat nda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengobati sariawan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Menkonsumsi Obat Parasetamol atau Mefenamat

    Untuk menghilangkan rasa sakit karena sariawan anda bisa menggunakan obat kumur atau obat untuk diminum. Bagi obat yang diminum, anda bisa menggunakan atau mengkonsumsi parasetamol atau asam mefenamat, namun ingat, selalu perhatikan kadar dosisnya juga.
  2. Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda

    Selain itu anda juga bisa membuat obat buatan tangan anda sendiri, caranya adalah dengan membuat pasta berbahan garam dan juga baking soda. Caranya juga cukup mudah, kita cukup dengan mencampurkan garam dengan backing soda dan ditambahkan sedikit air. Setelah itu dioleskan pada luka sariawan dan tunggu kurang lebih 10 menit, setelah itu basuh dengan air bersih.
  3. Air Kelapa

    Percaya atau tidak, air kelapa dikenal denga pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain baik untuk mengurangi dehidrasi, air kelapa pun baik untuk mengobati sariawan.
  4. Pisang dan Madu

    Anda dapat membuat pasta dari buah pisang dan madu. Caranya adalah dengan menghaluskan buah pisangnya bisa dengan sendok atau diblender. Dan setelah itu campurkan dengan madu. Selanjutnya anda oleskan pada ulkus atau luka sariawan. Hal ini berfungsi untuk mencegah peradangan.
  5. Daun Jambu Biji

    Daun jambu biji ternyata juga mempunyai banyak sekali manfaat, selain bisa mengobati sakit perut, juga bisa mengobati sariawan. Caranya yaitu kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.
  6. Yogurt

    Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada pada mulut dan tubuh. Dengan itu anda dapat mempercepat proses penyembuhan pada sariawan anda. Selain itu juga anda telah melakukan langkah pencegahan sariawan.
  7. Minum Vitamin

    Minum vitamin B, 
  8. Konsumsi Buah-buahan 

    Dengan anda bisa memakan jeruk, tomat dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda.
  9. Bawang Putih dan Pepaya

    Anda juga bisa menggunakan bawang ataupun pepaya untuk menyembuhkan sariawan, caranya dengan menempelkan langsung pada bagian luka di sariawan.
  10. Minyak Kelapa dan Madu

    Minyak kelapa bersifat anti bakteri, anda juga bisa mencampurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian yang terdapat luka sariawan. Saran kami lakukan langkah ini setiap anda hendak tidur.
  11. Kunyit

    Kunyit ini memang tumbuhan banyak khasiat, selain bisa dijadikan rempah-rempah atau bumbu masak, kunyit juga sering dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau pada saluran pencernaan. Dan juga kunyit ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, yaitu dengan cara buatlah pasta dari kunyit. Caranya cukup mudah, cuci hingga bersih kunyit tersebut, kemudian dihaluskan dan campurkan kunyit dengan porsi satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau bisa juga diblender. Selanjutnya yaitu anda oleskan pada bagian luka sariawan.

Penting!

Tips diatas sebagian besar adalah tips menyembuhkan sariawan dengan cara yang tradisional. Sedangkan dengan tips tradisional biasanya menggunakan bahan alami. Biasanya jika sesuatu yang alami itu perlu proses / waktu. Jadi anda tidak akan langsung sembuh seketika setelah mencoba tips baru diatas, karena ini bukan magic. Jika setelah mempraktekan / mencoba tips diatas penyakit sariawan anda belum juga sembuh segera cek ke dokter terdekat.

Demikianlah 11 Tips Baru Mengobati Sariawan Dengan Cepat, Efektif, dan Alami yang mudah-mudahan dapat menjadi solusi bagi anda saat anda mengalami sakit sariawan. Dan kami Mohon maaf jika masih banyak terdapat kekurangan dalam hal penyampaian info yang ada diatas. Dan Terima kasih

0 Response to "Cara Ampuh dan Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat"

Posting Komentar